Pentingnya AnSos

ANSOS, akronim yang saat ini sering dipakai banyak orang, baik dari ilmu sosial maupun psikologi. Dulu, saya hanya tahu bahwa ANSOS adalah singkatan dari anti sosial, artinya seseorang yang sulit bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sosial kehidupannya. Tetapi, Sosial Entrepreneurship mengenal ANSOS dengan kepanjangan yang berbeda, yaitu analisa sosial.

Analisa sosial merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebelum kita menyusun program atau melakukan sebuah kegiatan yang melibatkan komunitas atau kelompok masyarakat tertentu. Mengapa? Kita harus mempelajari gejala, kebutuhan, maupun lingkungan sosial dari masyarakat yang akan dibidik. Melalui ANSOS ini kita dapat mempelajari akar/ penyebab – terjadinya masalah pada masyarakat – dampak/ akibat yang dimunculkan berdasarkan Problem Tree Analysis.

Jadi, analisa sosial merupakan langkah awal yang sangat penting demi suksesnya program atau kegiatan yang akan kita realisasikan. Tujuannya agar program yang sudah dirancang dapat berjalan secara efektif dan dapat benar-benar memberi manfaat kepada kedua belah pihak.

Saat mendengar penjelasan materi ini, saya menyadari bahwa secara tidak sengaja, saya pun sudah melakukan proses ini dalam perancangan projek E5 Sosial. Selain itu, saya juga merasakan bahwa melakukan analisa sosial adalah langkah awal yang sangat penting.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s