Nano Nano Jogja Trip :):

trip Jogja E5 Social Class

Selasa (10/09), rombongan E5 Social Class berangkat menuju kota pendidikan Yogyakarta untuk pelesir sekaligus mengunjungi dan belajar dari bisnis-bisnis sosial yang ada di sana. Ada 4 tempat yang kami kunjungi, yaitu SALAM, Yayasan Satu Nama, UPKM/CD Bethesda, serta pengrajin mainan edukasi anak.

Setiap tempat yang kami kunjungi memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing dan pastinya bergerak di bidang sosial. SALAM adalah sebuah sekolah di tingkat TK, SD, SMP yang mengusung tema belajar alamiah. Apa itu belajar alamiah? Anak belajar di lingkungan hidup mereka. Dalam konteks sekolah SALAM ini, anak-anak belajar di sebuah desa dengan bangunan sekolah yang dikelilingi hamparan sawah hijau, angin semilir khas pedesaan, lengkap dengan pemandangan para petani yang sedang menggarap sawahnya. Sekolah ini bukan hanya sekedar memberikan nilai-nilai akademis pada siswa, tapi juga berupa keterampilan penting yang saat ini tidak lagi menjadi perhatian sekolah-sekolah lain pada umumnya.

Tempat kedua yang kami kunjungi adalah Yayasan Satu Nama. Yayasan yang telah berkiprah sejak 1987 ini bergerak di bidang peningkatan kesejahteraan sosial. Seiring dengan usia berdirinya yang sudah sangat lama, kiprahnya dalam mengupayakan kesejahteraan masyarakat juga telah merambah ke berbagai tempat di Indonesia dan di berbagai bidang.

Selanjutnya, kami mengunjungi UPKM/ CD Bethesda yang lebih mengkhususkan pelayanan mereka di bidang kesehatan masyarakat. Mereka telah berkiprah di seluruh pelosok Indonesia. Kegiatan yang mereka lakukan antara lain adalah penanganan korban-korban bencana, pelayanan kesehatan bagi para buruh. Tak hanya sampai ke pemecahan masalah kesehatan, yayasan ini juga berusaha memberangus akar dari masalah kesehatan yang menimpa masyarakat atau komunitas tertentu. Uniknya, tidak semua anggota yang tergabung di dalam yayasan ini memiliki dasar pendidikan di bidang kesehatan. Mereka semua percaya bahwa segala sesuatu dapat dipelajari jika kita memang mau berbuat dan berusaha.

Terakhir, kami mengunjungi pengrajin mainan edukasi anak. Seperti pengrajin mainan anak yang lain, mereka pastinya memiliki skill yang tak perlu diragukan lagi dalam pembuatan mainan anak-anak, termasuk juga selalu menjaga kualitas nomor 1 dari produk-produk mainan anak yang mereka buat, misalnya penggunaan cat anti toxic yang tentunya sangat dianjurkan bagi mainan anak. Tetapi, tak mungkin sesuatu yang tidak memiliki keunikan mampu menarik minat kami mengunjungi tempat ini. Seluruh pegrajin yang ada di tempat ini, bahkan juga pemiliknya adalah kalangan difable yang jika dilihat secara kasat mata mereka memiliki kekurangan secara fisik. Ternyata setelah berkunjung dan melihat sendiri mereka bekerja, kami semua tahu bahwa hambatan bukan menjadi masalah bagi mereka untuk dapat terus berkarya. Bahkan, mereka memiliki prinsip yang kuat untuk dapat menghasilkan produk yang memiliki kualitas nomor 1.

Dari semua tempat yang telah kami kunjungi, banyak sekali inspirasi dan pembelajaran yang dapat dipetik. Dalam memberikan pelayanan pada masyarakat ataupun melakukan pemberdayaan masyarakat, sangat penting untuk mengetahui kearifan lokal dari masyarakat yang akan dituju. Mengetahui kondisi kehidupan, kebutuhan mereka, serta kemampuan masyarakat tersebut sangat membantu dalam efektifitas usaha pemberdayaan yang akan dilakukan. Jangan sampai kita hanya peduli pada kepentingan dan kemudahan kita sendiri dalam mewujudkannya, tapi cobalah untuk memposisikan diri di posisi mereka, maka kita akan dapat merasakan dan mengusahakan yang terbaik bagi mereka.

Trip Jogja E5 Social Class ini sangat menyenangkan sekaligus melelahkan. Banyak sekali pembelajaran , inspirasi, dan pengalaman baru yang kami dapatkan. Tapi dibalik rasa manis yang memanjakan itu, kami telah ditunggu oleh segudang tugas dan jadwal padat UTS yang memberikan rasa-rasa lain, tak lagi manis, yang harus siap kami hadapi.

Iklan

2 pemikiran pada “Nano Nano Jogja Trip :):

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s