Baca Cerpen Bukan Sekedar Dapat Nilai Tugas

Membaca cerpen sebenarnya bukan kegemaran saya. Saya lebih suka membaca novel, biografi, atau otobiografi orang terkenal. Tetapi, karena tuntutan tugas mata kuliah, akhirnya saya membaca kumpulan cerpen karya Sunaryono Basuki Ks yang berjudul Sepasang Kera yang Berjalan dari Pura ke Pura. Jika ditanya alasan memilih cerpen ini, maka jawabannya adalah “tidak ada pilihan novel lain karena novel ini juga didapat dari pinjaman dosen”. Benar-benar terkesan sangat terpakasa. Ya..itulah kenyataannya.

cerpen

Awalnya, satu hal yang membuat saya sedikit bersemangat membaca buku ini adalah sepasang monyet imut yang menjadi model sampul buku ini. Saya merasa mereka sangat lucu dan itu juga yang membuat saya tertarik untuk mengambil novel ini dari sekian banyak pilihan novel yang disediakan oleh dosen.

Membaca kisah pertama yang berjudul Cinta Suci Sari, saya mulai agak bingung dengan gaya penceritaan si penulis. Seakan-akan ia menggabungkan legenda atau dongeng yang telah berkembang di masyarakat dengan memberikan semacam interpretasi nilai-nilai kehidupan dari kisah yang berkembang di masyarakat. Belum tuntas membaca cerpen pertama itu, saya mulai membolak-balik buku tersebut dan sampila pada sampul belakang yang memuat gambaran isi buku kumpulan cerpen ini. Dan dari situlah saya baru memahami bahwa pada sebagian besar kisah dalam kumpulan cerpen ini, penulis melakukan yang namanya dekonstrusi teks. Jadi, ia menyajikan kisah dongeng, legenda, dan juga sejarah yang berkembang di masyarakat dengan memberikan re-interpretasi. Ini membuat saya merasa penasaran dan bertanya-tanya tentang bagaimana jadinya cerpen yang didekonstruksi seperti ini.

Dan setelah membaca satu demi satu kisah yang disajikan, ternyata menjadi keasyikan tersendiri membaca legenda dan sejarah yang sudah pernah saya baca dan kemudian dibumbui re-interpretasi dari penulis serta pembelajaran dari kisah tersebut untuk diterapkan di kehidupan nyata saat ini. Saya mendapat pelajaran-pelajaran baru tentang nilai-nilai kehidupan dan motivasi hidup, misalnya selalu ingat untuk bersyukur dan senantiasa dekat dengan Tuhan, lebih terbuka pada masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat Indonesia, bakti kepada kedua orang tua yang telah membesarkan kita, dll.

Jadi, tugas membaca cerpen ini bukan hanya sekedar tugas mata kuliah yang harus dikerjakan demi mendapat nilai saja, tetapi banyak pembelajaran tentang kehidupan yang saya dapatkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s