Ragam Wujud Social Entrepreneurship di Indonesia

SE1

Saat ini, social entrepreneurship mulai menjamur di Indonesia. Sebelum munculnya social entrepreneurship, banyak orang hanya melakukan kegiatan sosial yang hanya berfokus pada dampak sosial saja. Dengan kata lain, dari kegiatan ini kita hanya memberi dan tidak mendapat timbal balik apapun.

social entrepreneur

Nah, lain halnya dengan yang dilakukan oleh para social entrepreneur. Para social entrepreneur ini tidak semata-mata memikirkan bagaimana cara memberikan impact sosial demi terciptanya perubahan yang lebih baik, tapi mereka juga memikirkan tentang keberlanjutan dari impact tersebut. Jadi, mereka juga memikirkan tentang bagaimana mendapatkan profit dari usaha tersebut. Dengan adanya profit tersebut sebagai biaya operasional, tentunya kegiatan sosial yang dilakukan itu dapat terus berjalan. Jadi, sifatnya bukan hanya sekedar memberi pada sekali waktu saja tapi sustainable.

Jika kita peka dengan berbagai fenomena yang ada saat ini, ternyata sangat banyak ragam wujud social entrepreneurship. Mulai dari membangun sekolah dan sekaligus menyediakan laboratorium sebagai tempat magang serta bekerja bagi anak-anak dari berbagai daerah, membuat sabun dari kulit durian sebagai wujud dari kecintaan terhadap lingkungan, hingga mendirikan sekolah dan mendidik anak-anak demi menekan jumlah perdagangan anak. Tanpa sadar, para social entrepreneur ini telah memberikan sumbangsih yang besar bagi terwujudnya kualitas kehidupan sosial yang lebih baik bermodalkan apa saja yang mereka punya dan tentunya kepekaan terhadap fenomena kehidupan yang ada di lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, kita sebagai bagian dari masyarakat, perlu memiliki kepekaan melihat berbagai kondisi sekitar dan memupuk keberanian untuk mengambil kesempatan melakukan perubahan sosial menuju kualitas kehidupan yang lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s