“Mengubah Dunia”??

confused

Saat ini, kita sering mendengar kata “mengubah dunia”. Isilah ini mungkin terasa muluk-muluk atau terkesan berlebihan bagi kebanyakan orang. Tapi, di jaman globalisasi seperti sekarang ini, dimana segala hal semakin maju, persebaran informasi tanpa batas, dan meroketnya isu-isu modernisasi, maka hal ini bukan lagi sesuatu yang berlebihan.

Dapat dikatakan bahwa setiap orang memiliki peluang untuk mengubah dunia. Kita hanya perlu memikirkan istilah ini dengan sudut pandang yang sedikit berbeda dari arti sebenarnya. Mengubah dunia bukan berarti kita seorang diri harus mengupayakan perubahan satu planet bumi ini. Bukan pula memikirkan hal nun jauh disana yang sulit dijamah.

aha

Untuk dapat mengubah dunia, kita hanya perlu melihat masalah dan fenomena yang ada di sekitar kehidupan kita. Bahkan, bisa jadi itu adalah hal kecil dan remeh yang tak pernah diperhatikan tetapi dapat memberikan efek besar bagi tatanan kehidupan masyarakat modern saat ini.

Jadi, setiap orang memiliki kesempatan yang sama besar untuk dapat terlibat mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Kita hanya perlu peka dalam melihat fenomena maupun masalah di sekitar lingkungan hidup kita dan berupaya untuk memperbaikinya dari lingkungan terkecil dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

Setidaknya, itulah sedikit inspirasi yang saya dapatkan dan cukup membuat saya sedikit lega mengenai “mengubah dunia” yang dicetuskan oleh para fasilitator kelas Social Entrepreneurship 5. Berawal dari penjelasan ini, saya berharap dapat mulai menerapkannya dalam pembelajaran Social Entrepreneurship 5.     

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s