It Makes W.O.W!!!

SWA1WOW.. Itulah kata-kata yang muncul ketika saya mendengarkan sharing dari teman-teman tentang perjalanan mereka mengunjungi aneka bisnis yang berbasis pada social entrepreneur. Sangat menyenangkan rasanya bisa melihat langsung seperti apa bisnis social entrepreneur dan belajar langsung dari para pelaku bisnis tersebut.

Ini tentu berbeda rasanya dengan kelas-kelas E4 Social sebelumnya karena dalam kelas ini lebih banyak sharing-sharing pengalaman dari teman-teman. Menurut saya metode ini sangat menarik karena kita, para mahasiswa tidak hanya diberikan teori-teori saja, tapi benar-benar diperlihatkan dengan keadaan nyata di lapangan tentang suatu bisnis social entrepreneur.

Saya merasa sharing-sharing ini sangat menarik karena kisah perjalanan kelompok serta adanya ragam latar belakang yang tentunya sangat unik yang membuat para pendengarnya menampilkan beragam ekspresi, mulai dari tertawa karena lucu, WOW sebagai ungkapan kekaguman, hingga kernyitan alis karena merasa aneh atau ekspresi keheranan. Ya..itulah keunikan yang muncul. Ini muncul karena memang banyak keunikan dari penuturan kisah perjalanan bisnis social, mulai dari kepedulian terhadap  generasi penerus bangsa yang dilakukan pendiri Kampoeng Kidz, adanya kebutuhan penduduk sekitar demi efektifitas kerja mereka yang dirasakan oleh pendiri Yunus Mesin, hingga kepedulian yang menyangkut perdamaian dunia dan masalah agama yang dirasakan oleh Dompet Dhuafa.

Dari sharing-sharing ini kita dapat belajar bahwa banyak sekali bisnis yang berbasis social entrepreneur di sekitar kita. Perlu diingat juga bahwa bisnis-bisnis ini sangat eksis, terus berkembang, sustainable, dan memberikan impact yang besar. Kita perlu banyak belajar dari berbagai bisnis social yang ada sebagai inspirasi dan juga diperlukan adanya kepekaan terhadap peluang-peluang bisnis yang ada, terutama di bidang social entrepreneur.

Salam entrepreneur 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s