Amazingly Kampoeng Kidz

kampoeng Kidz“Amazingly Kampoeng Kidz”, yup mungkin itu yang bisa saya katakan ketika meginjakkan kaki di area edukasi sekaligus bermain seluas 3 hektar ini. Bertempat di dataran tinggi Batu yang sejuk dan ditumbuhi tanaman hijau menyejukkan mata, Kampoeng Kidz melebarkan sayap sebagai salah satu laboratorium Entrepreneurship. Dengan mengusung konsep alam yang hijau nan asri serta mengelolanya manjadi beragam wahana bidang-bidang entrepreneurship, Kampoeng Kidz mengajak setiap pengunjungnya, mulai dari usia TK hingga tua untuk bersenang-senang menikmati liburan sambil belajar mereka. Jadi, selain dapat bersenang-senang , mereka juga bisa belajar tentang seperti apa menjadi seorang entrepreneur.

Dan yang tidak kalah menarik adalah fakta bahwa Kampoeng Kidz adalah sebuah bisnis yang berbasis pada social entrepreneurship. Awalnya, Pak Julianto sebagai founder dari tempat ini mendirikan sebuah sekolah Selamat Pagi Indonesia, yang juga masih berada satu kompleks dengan Kampoeng Kidz. Lalu, beliau melihat sebuah kebutuhan pelatihan entrepreneurship bagi siswa-siswa di sekolah tersebut agar mereka bisa memiliki penghasilan sendiri. Nah, dari kebutuhan tersebut, akhirnya beliau mendirikan Kampoeng Kidz ini yang dapat menjadi wadah pelatihan entrepreneurship bagi para siswanya sekaligus sebagai lapangan kerja bagi mereka. Bahkan, mereka juga membuat berbagai olahan produk yang dijasikan sebagai oleh-oleh, mulai dari produk snack, minyak angin, hingga wishing tree. Tak disangka, dengan inovasi dan berbagai metode marketing maupun pengelolaan yang telah dilakukan, Kampoeng Kidz semakin besar dan dikenal sebagai wadah belajar entrepreneurship bagi anak-anak usia TK hingga SMA.

Berkunjung ke Kampoeng Kidz adalah pengalaman yang sangat menggembirakan. Kami tidak hanya mendapatkan keceriaan dengan wahana-wahana yang ada, tapi juga mendapat pelajaran berharga dari pendirian bisnis sosial ini. Belajar dari Kampoeng Kidz membuat kami paham bahwa ternyata sosial entrepreneurship tidak seperti yang kebanyakan orang pikirkan. Banyak orang berpikir bahwa bisnis sosial adalah bisnis yang memberikan impact bagi banyak orang dan tidak berprofit. Tapi dari sini kami melihat tentang penerapan 3P dalam social entrepreneurship, yaitu people, planet, dan profit. Kami melihat betapa indahnya sinergi dari ketiga unsur tersebut yang melebur dalam Kampoeng Kidz. Jadi, bisnis ini tidak hanya sekedar memperoleh profit saja, tapi juga memberikan impact yang besar dalam pembentukan penerus bangsa serta merawat dan melestarikan lingkungan hidup yang ada.

Semoga menginspirasi dan salam entrepreneurship 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s