Let’s Speak Up…

Kelas E4 Social minggu ke 12 ini membahas tentang marketing pada Social Entrepreneur. Social Entrepreneur juga membutuhkan strategi marketing guna menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada masyarakat melalui gerakan atau produk yang diluncurkan dan ternyata saat ini banyak metode marketing yang diterapkan dalam Social Entrepreneur. Mungkin medianya masih tetap sama, misalnya berupa poster, iklan di televisi dan majalah, atau turun ke jalan secara langsung dan bertemu orang-orang untuk menyampaikan. Tetapi, cara yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan tersebut menggunakan beragam cara unik, fun, dan berkesan, yang tentunya lebih membekas pada hati masyarakat. Cara yang unik ini lebih ditekankan pada menyentuh emosi masyarakat atau calon customer ketimbang hanya sekedar menawarkan produk saja.

Saya merasa pembelajaran tentang marketing unik ini sangat menarik dan berkesan karena saya mengetahui bahwa ada cara lain yang dapat digunakan untuk dapat menyampaikan maksud, pesan, maupun value dari produk atau gerakan dalam Social Entrepreneur, selain hanya sekedar menawarkan produk atau mengajak untuk terlibat dalam suatu gerakan tanpa mengetahui maksud di balik itu semua. Marketing unik ini, selain memberikan keuntungan bagi founder maupun owner dari bisnis tersebut, juga memberikan wawasan, pandangan, dan bakan pola gaya hidup baru yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, suatu bisnis Social Entrepreneur haruslah menekankan pada impact positif dari bisnis tersebut.

Nah, tadi saya sempat menyinggung tentang cara menyampaikan pesan pada masyarakat. Pada pembelajaran E4 Social ini, kami juga diajak untuk menyampaikan pesan dengan berbagai topik melalui media poster. Poster-poster yang kami buat selanjutnya akan dipamerkan dalam exhibition tanggal 3-5 Mei di Lenmarc Mall Surabaya. Dalam pembuatan poster ini, kami dibagi dalam beberapa kelompok. Saya dan kelompok merasa senang dan asyik sekali menuangakan kreatifitas di atas poster. Dengan adanya beberapa orang dalam satu kelompok, maka semakin banyak ide briliant yang muncul. Menyenangkan sekali rasanya bisa menuangkan kreatifitas bersama teman-teman dan kemudian menyampaikan pesan yang kami buat melalui poster pada banyak orang.

poster1

 

poster2

 

poster3

 

poster4

 

poster5

 

Semoga menginspirasi dan Salam Entrepreneur 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s