Green Life Culture

go-green-your-life-poster-vennerlabsPada minggu ke-4 pembelajaran Social Entrepreneur Class, kami kedatangan Profesor Teppo Turkki dari Finlandia.  Seperti yang kita tahu, saat ini banyak masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan lingkungan hidup kita. Masalah ini sangat dipengaruhi oleh keterlibatan kita sebagai “pengguna” dan  “penikmat” lingkungan hidup dalam merawat dan mempertahankannya  sehingga tetap dalam kondisi sehat.

Beliau bercerita tentang berbagai inovasi dan gaya hidup hijau yang ada di tanah kelahirannya. Contohnya saja, Finlandia memiliki tenaga pembangkit listrik yang memanfaatkan gerakan angin laut. Bahkan, mereka memanfaatkan dinginnya angin laut sebagai pengganti AC yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga. Sebuah inovasi yang luar biasa dan sangat rama lingkungan.

Ternyata, melakukan inovasi dengan mamaksimalkan penggunaan sumber daya alam dan tetap menjaga kelestariannya bukan merupakan keharusan, target, atau aturan. Tetapi melakukan inovasi-inovasi dan menjalani gaya hidup hijau merupakan sebuah kultur budaya yang mereka anut. Sungguh sebuah tindakan yang bijaksana, mengingat kondisi lingkungan hidup kita saat ini yang sedikit demi sedikit rusak karena penggunaan yang kurang bijaksana.

Sebua inspirasi yang sangat menarik dan mengagumkan. Semoga Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang menerapkan cara ini dan melakukan kontribusi aktif terhadap pemeliharaan lingkungan hidup kita. Let’s say welcome to green life culture.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s