LET’S FACED THE MID TEST

keep-calm-and-pray-for-mid-test-3

Tak terasa, Social Entrepreneur Class di E4 ini sudah sampai setengah perjalanan. Sehingga sampailah pada minggu UTS. Cukup banyak yang harus dikerjakan untuk UTS. Setiap mahasiswa harus mengumpulkan UTS untuk nilai pribadi dan juga kelompok. UTS untuk nilai pribadi saya rasa tidak terlalu sulit karena mengumpulkan tugas refleksi dan BMY yang sudah dikerjakan sebelumnya. Tetapi, untuk nilai UTS kelompok cukup sulit karena setiap kelompok harus mengumpulkan Business Plan dan BMC dari rencana bisnis yang akan mulai dijalankan setelah UTS. Saat mendengar pengumuman bahwa setiap kelompok harus mengerjakan Business Plan, saya merasa kaget dan langsung berpikir bahwa ini akan sulit. Mungkin ini terpengaruh dari pengalaman E2, dimana ketika itu, kami mahasiswa yang baru semeter 2 dan baru saja mendirikan bisnis, diminta untuk membuat Business Plan yang belum kami ketahui “makhluk” macam apakah itu..hahaha.. Jika teringat waktu itu, mendengar kata Business Plan saja sudah membuat saya menelan ludah. Bahkan, bukan hanya saya yang memiliki pengalaman seperti itu. Teman-teman juga banyak yang mengalami hal yang sama. Bayangkan saja, betapa menakutkannya “makhluk” itu bagi kami.

Dan ternyata yang lebih mengejutkan lagi, sejak semester 2 hingga sekarang, Business Plan itu terus menghantui kami dalam pembelajaran mata kuliah E. Yah..mungkin setidaknya itu juga memberi dampak positif bagi saya karena tiap semester selalu bertemu dengan “makhluk” itu, akhirnya lama-kelamaan rasa takut itu tak lagi sebesar yang dulu. Setidaknya rasa takut yang BESAR itu hanya terjadi sampai semester 3. Semester 4 ini, rasa takut saya sudah tidak sebesar itu..sungguh.. 🙂 Ini berarti, sesuatu yang kita takutkan, jangan malah dihindari, tapi dekatilah terus. Pada akhirnya kita akan mulai terbiasa dan hal yang kita takutkan itu menjadi “jinak” bagi kita karena kita mau menghadapinya.

OK..mari kita kembali ke pembelajaran E4 Social. Ternyata, meski Business Plan sudah berhasil dijinakkan, masih ada yang harus dijinakkan, yaitu tentang urusan finance yang menjadi bagian dari Business Plan tersebut. Saya adalah mahasiswa psikologi yang tidak terlalu familiar dengan perhitungan finance yang selama ini dipelajari di jurusan Business. Jadi, jujur saja, ini cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memikirkan bagian ini.. hmm..ya baiklah semua harus dihadapi sebagai proses belajar.

Selain mendengar kabar yang cukup membuat kepala pening karena membicarakan tentang UTS, teryata ada kabar gembira dari fasilitator kami. Pada tanggal 10 April 2013, kami akan pergi ke Bojonegoro untuk mengunjungi UD Gading Jaya yang menerapkan prisnsip sosial entrepreneur dalam usaha tersebut. Fasilitator kami memang belum menceritakan tentang usaha yang dilakukan oleh pemilik UD Gading Jaya. Tapi ssstt..saya mendapatkan bocoran bahwa usaha tersebut adalah semacam GRAMEEN BANK nya Indonesia. WOW.. Ini adalah kesempatan yang sangat menggembirakan bisa mengunjungi dan melihat langsung jalannya sebuah bisnis sosial yang ada di sekitar kita setelah sekian lama hanya mendengar dan belajar di kelas.

Kegiatan terakhir kami adalah presentasi setiap kelompok, dimana setiap kelompok maju dengan mempresentasikan tree problem analysis dari masalah sosial yang mereka angkat untuk pendirian bisnis masing-masing. Setiap kelompok mendapat banyak feedback dan berbagai pertanyaan dari fasilitator. Kelompok saya, GREEN etc. adalah kelompok kedua terakhir yang maju presentasi. Masalah sosial yang kami angkat adalah tentang banyaknya sampah kertas di Kota Surabaya. Dari presentasi ini, kami sangat berterimakasih karena bisa mendapatkan beberapa feedback penting untuk lebih memantapkan konsep dari bisnis kami.

Selamat menempuh UTS..Gud Luck and GBU 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s