Business Model as a Blue Print

Untuk dapat mewujudkan suatu keinginan atau cita-cita, tentu dibutuhkan sebuah proses dan perencanaan matang. Ini juga berlaku dalam dunia Social Entrepreneurship. Selama beberapa minggu, saya bersama teman-teman di Social Entrepreneur Class, telah diajarkan tentang seperti apa Social Entrepreneurship, apa yang harus dimiliki untuk dapat menjadi seorang Social Entrepreneur, dan memetakan tentang apa yang dimiliki oleh diri sendiri. 

Tetapi selama masa perkenalan tersebut, saya merasa cukup bingung dan sulit menemukan keterkaitan antara berbagai aktivitas yang selama ini dilakukan di kelas dan membentuk sebuah bisnis yang berbasis social entrepreneurship. Baru pada minggu ke-4 ini, masing-masing kelompok diminta untuk membuat Bisnis Model sebagai blue pirnt dalam mendirikan bisnis kami. Bisnis Model ini dibuat sebagai rancangan dalam mendirikan bisnis yang berisi customer segment yang dituju, key partner, key proccess, capability, value yang ditawarkan dan jalur untuk menyampaikan value tersebut pada customer, biaya-biaya yang dibutuhkan, serta pendapatan yang akan diterima melalui bisnis tersebut.

Ini adalah tahap pertama yang sangat penting ketika akan mulai mendirikan suatu bisnis baru. Proses ini membuat saya merasa sangat excited. Proses selanjutnya akan semakin menarik karena menjalankan bisnis yang berbasis social entrerpeneur tentu berbeda dengan bisnis biasa pada umumnya.

Saya merasa penasaran bagaimana menerapkan bussiness model milik suatu bisnis kelompok, bukan berbasis social entrepreneur , yang sudah berjalan selama satu semester menjadi suatu bisnis yang berbasis social entrepreneur??

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s