Makes Nothing to be Something Based on Yourself

effectuation20111112123047

Business-Model-You2

Kebanyakan orang menganggap bahwa membangun sebuah bisnis adalah hal yang rumit dan membutuhkan skill atau modal tertentu untuk memulainya. Tetapi, Saras Sarasvathy dan rekannya di Amerika menghasilkan sebuah teori yang mampu mematahkan pendapat tersebut. Ilmuwan tersebut melakukan suatu penelitian dan membuktikan bahwa membangun sebuah bisnis bisa dimulai dengan apa yang ada dalam diri kita dan modal yang kita miliki sendiri. Teori ini disebut EFFECTUATION. Selain itu, Tim Clark bersama timnya merevisi Business Model Canvas, yang selama ini banyak digunakan untuk mempelajari Entrepreneurship, menjadi  Business Model You untuk memetakan kompetensi dalam diri yang dapat menjadi modal dan acuan dalam mendirikan sebuah bisnis.

Artinya, setiap orang dari latar belakang apapun dapat mendirikan suatu bisnis asal dapat benar-benar mengenali dirinya sendiri dan mengetahui kompetensi terpendam dalam dirinya yang dapat terus diasah dan dikembangkan. Tidak perlu modal besar untuk dapat menghasilkan bisnis yang sukses.

Hal ini tentu memberikan angin segar dan insight yang baru dalam dunia Entrepreneurship yang saat ini terus berkembang dengan pesat. Selain itu, hal ini juga semakin membuka peluang bagi banyak orang dengan berbagai latar belakang untuk dapat mengubah mindset dan memberanikan diri menjadi seorang entrepreneur. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s