Sarung sebagai Highlight Indonesia Fashion Week 2012

Indonesia Fashion Week diluncurkan pada tanggal 15 Agustus 2011 oleh Menteri Perindustrian RI, MS Hidayat. Indonesia Fashion Week merupakan suatu event  fashion yang bisa dibilang sebagai penentu arah tren fashion Indonesia. Indonesia Fashion Week (IFW) perdana akan digelar pada 23-26 Februari 2012 mendatang dengan tema Colorful Indonesia Culture. Acara ini membawa misi meningkatkan kualitas industri fashion Indonesia, baik dalam lingkup lokal maupun internasional. Dalam event ini, para desainer, baik junior maupun senior akan menunjukkan hasil karya terbaik mereka.

Sesuai dengan misi dari event ini, maka setelah teknik membatik diakui secara resmi oleh UNESCO  dan mulai kembali berjaya di tanah air, kini para perancang muda Indonesia juga ingin mempopulerkan sarung sebagai tren mode. Para perancang muda Indonesia ingin menunjukkan bahwa sarung, kain yang selama ini dianggap biasa saja, dapat dikreasikan menjadi sebuah hasil karya yang cantik dan trendi.

Berbagai corak kain sarung

Sarung Indonesia sangat menarik dan beragam. Ada yang ditenun, dibatik, dll. “Sarung sebenarnya sudah sangat merakyat di Indonesia, namun belum banyak orang yang berani pakai sarung untuk berbagai acara formal. Padahal sebenarnya sarung ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam model yang cantik. Ini adalah tantangan terbesar bagi para desainer dan produsen untuk berkreasi dengan sarung ini,” tutur perancang Musa Widyatmodjo dalam Focus Grup Discussion “Road to Indonesia Fashion Week 2012.”

Selain memperkenalkan berbagai kreasi sarung, diharapkan nantinya dapat meningkatkan industri kecil kreatif di Indonesia.  Dengan dipilihnya sarung sebagai highlight dalam IFW,  orang akan mengetahui bahwa sarung juga bisa diangkat sebagai salah satu arah tren mode internasional dan akan lebih banyak orang memakai kreasi sarung dalam berbagai kesempatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s