Yuliati Umrah

Social Entrepreneur adalah orang yang memiliki kepedulian terhadap lingkungannya dan dapat membantu menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi orang lain. Yuliati Umrah termasuk salah satu sosok social entrepreneur. Ia adalah seseorang yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap anak-anak jalanan dan ia membantu anak-anak tersebut memperoleh penghidupan yang lebih baik dan mandiri secara ekonomi. Rasa kepeduliannya itu ia tunjukkan melalui Yayasan ALIT.

Kegiatan Yayasan ALIT ini adalah membantu anak-anak jalanan untuk menjadi mandiri meski untuk mencapainya diperlukan usaha yang gigih dan biaya yang tidak sedikit. Jadi, anak-anak ini diberi pelatihan untuk dapat melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan uang dan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan mereka. Pelatihan yang diberikan misalnya pelatihan untuk membuat kerajinan. Setelah itu hasil karya tersebut dijual untuk memenuhi kebutuhan anak-anak jalanan. Bersama dengan para relawan, Yuliati Umrah melakukan kegiatan sosial dalam wadah Yayasan ALIT ini benar-benar demi misi kemanusiaan.

Dalam melatih anak-anak, Yuliati selalu mengkondisikan agar anak-anak jalanan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, bukan orang lain. Itulah tujuan dari pelatihan yang diberikan yayasan ini. Agar mandiri secara ekonomi, anak-anak harus bekerja. Jadi, anak-anak tersebut mendewasakan diri dengan tangan mereka sendiri.

Hal-hal yang dapat menginspirasi saya dari tokoh ini adalah sifatnya yang pantang menyerah dan rasa pedulinya terhadap kemanusiaan. Dua hal inilah yang membuat Yayasan ALIT terus dapat bertahan hingga saat ini, meski selama berdiri, yayasan ini pernah mendapat tekanan pada masa orde baru. Selain itu dibutuhkan inovasi dan usaha yang gigih demi pemenuhan biaya operasional yang cukup besar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s