Mengatasi Rasa Takut Gagal

Mario Teguh berkata bahwa bayangan mengenai kegagalan telah menggagalkan banyak orang daripada kegagalan yang sebetulnya. Tidak ada orang yang tidak takut gagal, tetapi akan ada satu atau dua jiwa di antara kita yang tetap melangkah seperti tidak takut, dan berhasil.

Memang benar apa yang dikatakan oleh Mario Teguh. Sebelum mengambil keputusan untuk mencoba melakukan sesuatu yang baru, seringkali orang membayangkan hal-hal buruk yang kelak mungkin akan terjadi. Sehingga bayangan-bayangan itu akan menimbulkan ketakutan untuk mencoba. Bagi mereka yang lebih suka berada di zona aman dan tidak mau ada perubahan, akan memilih untuk diam saja dan tidak melakukan action. Tapi, untuk berubah dan berkembang seseorang harus melakukan action.

Contohnya,  ada seorang mahasiswa yang merasa sebenarnya suka menulis. Tapi karena ia tidak percaya diri dan takut nantinya tulisannya dinilai jelek oleh orang lain, ia memilih untuk tidak mengasah keterampilannya dalam menulis. Padahal, pada masa kuliah banyak kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi sarana baginya untuk belajar dan mengembangkan potensinya.

Rasa tidak percaya diri dan ketakutan itulah yang membuatnya membatasi diri sehingga tidak dapat berkembang.

Menurut Mario Teguh, rasa takut itu dapat kita rubah menjadi hal yang positif dan membuat kita berhasil. Rasa takut yang kita rasakan, bisa menjadi motivasi bagi diri kita untuk jadi lebih baik. Kalau dari contoh yang ada di atas, berarti yang bisa dilakukan oleh mahasiswa tersebut adalah ia seharusnya ikut kegiatan-kegiatan seperti jurnalistik. Dengan ikut kegiatan jurnalistik ia akan mendapat banyak pelajaran baru. Dengan perasaan takut tulisannya akan dinilai jelek, maka ia akan banyak membaca dan melakukan usaha-usaha agar orang lain tidak menilai tulisannya itu jelek. Dengan demikian, kemampuan menulisnya akan jadi semakin baik.

Mengalahkan rasa takut juga membantu kita untuk menemukan passion. Passion akan dapat ditemukan jika kita mau mencoba dan kemudian timbul rasa senang dan cinta terhadap bidang yang sedang digeluti.

Jika ada kemungkinan untuk gagal, maka juga ada kemungkinan untuk berhasil. Jadi, berfokuslah pada yang memberhasilkan bukan pada hal-hal buruk apa yang akan terjadi.

 

 

Iklan

4 pemikiran pada “Mengatasi Rasa Takut Gagal

  1. kamu pernah cerita kan. tentang masalah orang itu. yang “selalu berada dalam sangkar”
    maksdunya dia nggak berani untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya dia bisa. hanya karena takut salah atau takut gagal.

    🙂 ur welcome

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s